Shadow Word generated at Pimp-My-Profile.com

Kamis, 29 Juli 2010

Pakaian Imam Zaman afs

Disebutkan dalam riwayat-riwayat bahwa ada pakaian khusus yang dikenakan Imam Zaman afs ketika kemunculannya, dikisahkan adakalanya beliau mengenakan pakaian Rasul saww dan adakalanya mengenakan pakaian nabi Yusuf as.
Dari Ya’qub bin syuaib, dari Abi Abdillah as yang mengatakan “ ‘maukah aku perlihatikan kepadamu pakaian Al-qaim yang akan dia kenakan ketika dia bangkit?’ kujawab, ‘tentu saja, aku mau’ maka beliau as meminta dibawakan sebuah kotak lalu beliau membukanya dan mengeluarkan sejenis qamis (baju panjang), lalu membentangkannya, maka tampak dilengan baju sebelah kirinya darah, beliaupun berkata ‘inilah pakaian Rasul saww yg beliau kenakan pada hari bagian tubuh beliau terkena serangan se

njata musuh. Pakaian ini pula yang kan dikenakan al-qaim ketika kebangkitannya’ “(Nu’mani, Al-ghaibah, hal 243; itsbatul hudat, jld 3, hal 5421; hilyatul abrar, jld 2, hal 575; biharul anwar, juz 52 hal 355)
Dari Mufadhdhal bin umar, dari Abi abdillah as (imam Ja’far shodiq as) katanya : “aku mendengar Abu abdillah as berkata ‘tahukah engkau apa pakaian yang dikenakan Yusuf as?’ aku menjawab, ‘aku tidak tahu’ beliau as mengatakan ‘sesungguhnya Ibrahim as ketika api dinyalakan untuk membakarnya, jibril as datang kepadanya dengan membaakan pakaian dari surga, lalu Jibril memakaikan pakaian itu kepadanya, maka Ibrahim as tidak merasakan panas maupun dingin, lalu disaat-saat menjelang ajalnya Ibrahim menjadikannya sebagai penangkal dan memakaikannya pada Ishaq, dan Ishaq memakaikannya kepada Ya’qub, lalu ketika Yusuf lahir, dia memakaikannya pada Yusuf dilengannya, hingga terjadi apa yang terjadi, maka ketika Yusuf mengeluarkan penangkal tersebut (qamisnya) dari Mesir untuk diserahkan kepada ayahnya, Ya’qub as mencium bau Yusuf dan firman Allah mengisahkan ‘sesungguhnya aku mencium bau yusuf, seandainya kamu tidak menganggapku lemah akal’( Q S Yusuf, 94). Itulah qamis atau pakaian yang diturunkan dari surga.’ Aku bertanya kepada beliau as ‘semoga aku menjadi tebusan bagimu! Lantas kepada siapa pakaian ini kelak diserahkan? Beliau as menjawab ‘kepada orang yang berhak atasnya dan pakaian itu akan bersama al-qaim apabila dia keluar’. Kemudian beliau as berkata ‘setiap nabi mewariskan ilm atau selain ilmu, maka semua itu berakhir pada Muhammad saww’ “ (Al-kafi, jld 2, hal 232; kamaluddinm jld 2, hal 647; biharul anwar, juz 52, hal 327)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar