Shadow Word generated at Pimp-My-Profile.com

Jumat, 29 April 2011

Srikandi-Srikandi Hawzah




            Peran perempuan dalam fiqih dan ushul fiqih Ahlulbayt cukup menarik perhatian. Meskipun sebagian besar fukaha berpendapat bahwa wanita hanya berpeluang menjadi mujtahid dan tidak memenuhi syarat menjadi marja' taqlid, kontribusi wanita dalam pendidikan dan penulisan literatur fiqih serta ushul fiqih di dunia Ahlulbayt cukup mengagumkan. Berikut sebagian kecil nama mujtahidah di kalangan madzhab Ahlulbayt.

Aminah Majlisi
            Beliau adalah putri Mulla Taqi Majlisi dan saudari Mulla Muhammad Baqir Majlisi. Beliau menikah dengan Mulla Muhammad Saleh Mazandarani, yang juga murid Muhammad Taqi Majlisi II dan melahirkan sejumlah ulama dan fukaha besar, diantaranya Syaikh Hadi Mazandarani dan Syaikh Nuruddin Muhammad Mazandarani.
            Wanita agung ini menyelesaikan studi dasar, menengah dan atas dibawah bimbingan ayahnya, Majlisi II hingga menjadi faqihah  (memperoleh gelar mujtahidah). Beliau kemudian mewariskan sejumlah karya, antara lain : Syarh al-afiyah karya syahid awwal Amili dan Syarh 'ala asy-syawahid Jalaluddin Suyuthi. Beliau juga merupakan teman diskusi suaminya dalam fiqih dan ushul fiqih. Riwayat hidup beliau dikutip dan dipuji dalam berbagai kitab sejarah agama (tarajim). Beliau wafat di Isfahan. Hingga kini makamnya menjadi tujuan para peziarah.

Aminah Jazini Amili
            Ia adalah Aminah binti Muhammad bin Makki Jazini Amili, dikenal dengan syahid awwal (w.786). Ia dikaruniai seorang putri istimewa yang kelak mengungguli ketenarannya sendiri, yaitu Fathimah Ummul Hasan.
            Beliau diakui sebagai wanita yang menguasai beberapa bidang ilmu, terutama fiqih dan ushul fiqih. Biografi wanita yang bergelar mujtahidah ini disebutkan dalam berbagai buku biografi ulama dan fukaha imamiyah, antara lain al-kuna wa al-alqab karya syaikh Abbas Qummi, A'yan Asy-syiah karya Sayyid Muhsin Amin dan Mu'jam rijal al-hadits, karya Khu'i.
Bintu Azizullah Majlisi
            Beliau termasuk salah satu dari ahli fiqih dikalangan perempuan imamiyah. Diantara karyanya adalah Ta'liqah (komentar) atas kitab Man La Yahdhuruhu Al-faqih karya Nashruddin Thusi, dan Rasail Fiqhiyyah.
Bintu Shadruddin Amili
            Bintu Shadruddin Amili bin Saleh bin Muhammad Musawi (w.1264) dikenal sebagai faqihah yang tidak kalah dengan para faqih pria lainnya. Ia telah menghasilkan banyak karya dalam fiqih, antara lain Ta'liqah 'ala al-lum'ah ad-dimasyqiyah (komentar atas salah satu buku rujukan dalam istinbat fiqih)
Bintu Ali Minsyar
            Beliau adalah putri sekaligus murid salah satu faqih terkemuka imamiyah, Ali Minsyar. Beliau juga murid syaikh Ali Karki (w.940). Beliau menikah dengan syaikh Baha'i, yang dikenal sebagai salah seorang marja' besar. Setelah suaminya wafat, ia memberikan kuliah yang dihadiri para pelajar perempuan. Ia mewarisi empat ribu lebih kitab ayahnya.
Ghazwah Qazwini
            Beliau adalah putri Sayyid Radhi bin Jawad bin Hasan bin Ahmad Qazwini. Beliau merupakan salah satu faqihah yang cukup terkenal di kalangan ulama.
Nazi Hilli
            Beliau adalah putri Allamah Sayyid Mahdi Hilli Qazwini. Beliau dilahirkan di Hillah pada 1285. Beliau menyelesaikan studi pada berbagai bidang ilmu, seperti sastra arab dan fiqih, dibawah bimbingan paman-pamannya. Beliau menikah dengan sepupunya, yang juga seorang faqih, yakni Mirza Saleh Qazwini. Beliau wafat pada 1331. kematian beliau diratapi murid-murid beliau.
Fathimah Akburi
            beliau adalah Syaikhah Fathimah binti syaikh Muhammad Ahmad bin Hazim Ukburi. Beliau adalah faqihah yang dikenal berakhlak tinggi. Beliau diwisuda sebagai mujtahidah oleh syaikh Abdus-shamad bin Ahmad bin Abdil-qadir bin Abil-jaysy.
Fizzah Balaghi
            Beliau adalah putri Syaikh Muhammad Ali Balaghi, adik syaikh Ahmad bin Muhammad Ali Balaghi, dan istri syaikh Ali bin Husain Mahfudz. Ketokohannya dimuat dalam berbagai kitab sejarah para ahli fiqih.
            Beliau dilahirkan pada 1189. beliau berguru kepada ayah dan saudaranya hingga mencapai tingkat tertinggi. Beliau memberikan kuliah tingkat atas dalam bidang ushul fiqih dan hadits, yang dihadiri oleh banyak peminat, baik laki-laki maupun perempuan. Beliau juga kerap terlibat dalam diskusi ilmiah dengan suaminya. Mujtahidah yang juga penyair besar ini wafat pada 1279.
Nushrat Begum
            Faqihah yang tenar dengan gelar 'banu-ye Mujtahideh Amin' ini adalah putri Sayyid Ali Amin bin Hasan bin Muhammad bin Ma'shum Husaini Isfahani. Ibunya adalah Bint al-haj Mahdi yang dijuluki Janab. Beliau dilahirkan di Isfahan pada 1308. pada usia lima tahun, beliau mulai dididik oleh ayahnya hingga mencapai usia 15 tahun. Setelah menjadi Al-haj Mirza yang dikenal dengan Muin Tujjar, beliau melanjutkan studinya dalam fiqih, ushul fiqih, tafsir, hadits dan filsafat dibawah bimbingan sejumlah ulama besar, antara lain Sayyid Mir Ali Isfahani Najafabadi dan Syaikh Mazhahiri Isfahani. Beliau diwisuda sebagai mujtahidah dan diberi ijazah riwayat  (lisensi periwayatan) oleh sejumlah fukaha, antara lain ayatullah syaikh Muhammad Kadzim Syirazi, Sayyid Ibrahim Isthabanati, Ayatullah Udzma Syaikh Abdul Karim Hairi (pendiri Hauzah Qum), ayatullah Syaikh Mazhahiri, ayatullah Udzma Sayyid Syihabuddin Mar'asyi Najafi.
            Beliau telah berpartisipasi dalam menyemarakkan hawzah dengan karya-karyanya. Beliau telah banyak mencetak mujtahidah, antara lain Sayyidah Hamawyuni, yang dikenal luas sebagai pewarisnya. Beberapa karyanya antara lain; Makhzan al-irfan fi tafsir al-qur'an (10 jilid), Jami' asy-syitat (berisikan tanya-jawab), an-nafahat ar-rahmaniyyah (tentang irfan), suluk wa sayr (tentang irfan dalam bahasa Iran), Rawesy-e Khusy-bakhti wa tawsiyeh Khaharan (berisikan nasihat-nasihat kebajikan kepada remaja putri) dan masih banyak lagi. Beliau juga telah mendirikan sebuah akademi dan lembaga pendidikan di Isfahan atas biaya sendiri, yang diberi nama Maktab Fathimah. Beliau juga termasuk dalam deretan tokoh irfan. Para muridnya memberikan kesaksian tentang karomah dan kehebatan supranaturalnya. Beliau wafat pada Ramadhan 1403.
            Para mujtahidah dan faqihah terus bermunculan dalam setiap generasi. Di Najaf dan Qum, kini jumlah perguruan dan hawzah perempuan kian banyak, sebagai ladang penyamaian tunas-tunas perempuan yang akan turut berperan dalam dunia pendidikan agama. Nama-nama seperti Bintul Huda Shadr, yang gugur sebagai martir bersama saudaranya, ayatullah udzma Muhammad Baqir Shadr dan Zahra Mustafawi, putri Imam Khomeini, merupakan contoh dari srikandi-srikandi hawzah yang terus bersinar dalam arena ilmu-ilmu islam.
(Diambil dari majalah Syi'ar edisi Ramadhan 1428 H)
Jpr, sabtu pagi, 23-04-11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar