Shadow Word generated at Pimp-My-Profile.com

Minggu, 29 April 2012

Peringatan Syahadah Sayyidah Fathimah as



JEPARA-Sekitar 600 orang terlihat memenuhi halaman rumah Almarhum Habib Abdillah Albar, Saripan, Jepara pada sabtu malam (28/04). Merekalah para pecinta Sayyidah Zahra as dari berbagai daerah semisal Jepara, Demak, Semarang, Pati, dst yang datang ke tempat itu guna memperingati hari syahadah Sayyidah Fathimah as yang menurut sebagian riwayat bertepatan dengan tanggal 3 rabiul akhir.
Majlis yang dimulai sekitar pukul 20.15 ini, dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-quran oleh Ustadz Budi Yuwono S.Ag dan dilanjutkan dengan pembacaan tahlil yang dipimpin oleh Habib Dani Alaydrus, sebelum dilanjutkan dengan pembacaan Manaqib Sayyidah Fathimah as oleh Habib Hasan bin Muhammad Alattas, dan ceramah inti yang disampaikan oleh Ustadz Habib Muhammad bin Alwi bin Syekh Abubakar. Majlis ini ditutup dengan pembacaan Ziarah kepada Sayyidah Fathimah as yang dipimpin oleh Habib Ali bin Alwi Alattas.

Dalam majlis kedukaan ini, Ustadz Habib Muhammad bin Alwi bin Syekh Abubakar, selaku pembicara, mendedah pertanyaan ‘siapakah Fathimah as ?’. Sebelum menjawab pertanyaan ini, beliau menjelaskan bahwa memperingati hari Syahadah Sayyidah Fathimah bukanlah kultus individu. Beliau berargumen bahwa setiap hal yang berkaitan dengan Rasulullah-Sayyidah Fathimah pasti berkaitan dengan Rasulullah- ‘maka akan menjadi mulia dan agung’ yakin beliau. Terlebih lagi, Rasulullah saww, yang menurut Al-qur’an hanya berbicara dengan wahyu, juga memuliakan Sayyidah Fathimah as. Beliau lantas menekankah bahwa jika ingin mengenal Sayyidah Fathimah maka bertanyalah-merujuklah- kepada Rasulullah saww, Ayahanda Sayyidah Fathimah as.
Beliau kemudian menjelaskan kepada para hadirin bahwa dalam kitab-kitab shahih umat muslim seperti Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Musnad Ahmad bin Hambal dll, Rasul saww sering memuliakan Sayyidah Fathimah. Dalam Shahih Bukhari, misalnya, tertulis Rasulullah saww pernah bersabda, ‘Fathimah adalah pemimpin wanita umat ini’, atau, ‘Fathimah adalah pemimpin wanita seluruh alam.’
Ustadz Habib Muhammad bin Alwi bin Syekh Abubakar menambahkan bahwa kecintaan Rasul kepada Sayyidah Fathimah bukanlah karena hubungan darah, tapi karena memang Allah memuliakan Sayyidah Fathimah as. Rasul, ketika memuliakan Sayyidah Fathimah, seolah-olah berkata kepada kita, ‘aku, penghulu para Nabi, memuliakan Fathimah. Maka muliakanlah dia’.
Sebelum menutup ceramah beliau yang sangat indah itu, beliau berpesan kepada kita agar selalu mengenang Sayyidah Fathimah as. Putri Rasul ini selalu mengenang kita, umat ayahnya. Maka, durhaka kalau kita tak mau tahu tentang Bunda yang sangat pengasih ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar