Shadow Word generated at Pimp-My-Profile.com

Kamis, 18 Oktober 2012

Diantara Hikmah yang Diajarkan Luqman al-Hakim

1. jika sejak kanak-kanak kamu didik dirimu, maka masa dewasa kelak kamu akan memperolah manfaatnya.
2. jauhilah kemalasan, gunakanlah sebagian umurmu untuk pendidikan dan janganlah berdebat dan berdiskusi dengan orang yang keras kepala.
3. janganlah mendebat fukaha. Janganlah berkawan dengan orang fasik. Janganlah orang fasik kamu jadikan sahabat. Janganlah duduk bersama orang yang tertuduh.
4. takutlah hanya kepada Allah dan berharaplah hanya kepada-Nya. Jadikanlah takut dan harapmu kepada Allah dalam hatimu adalah satu kesatuan.
5. janganlah kamu bersandar dan cinta kepada dunia. Pandanglah dunia sebagai sebuah jembatan.
6. ketahuilah bahwa pada hari kiamat, mereka akan bertanya kepadamu tentang empat hal, masa mudamu, dengan cara apa kamu melewatinya? Umurmu, dengan kegiatan apa kamu menghabiskannya? Harta, bendamu, dari mana kamu memperolehnya? Di manakah kamu belanjakan?
7. janganlah memandangi apa yang ditangan orang (milik orang) dan bersikaplah dengan akhlak yang baik terhadap semua orang.
8. janganlah banyak bermusyawarah dengan orang-orang seperjalanan(sesama musafir), bagikan bekal safarmu kepada mereka.
9. jika mereka mengajakmu bermusyawarah, beritahukanlah rasa kasihmu dengan tulus kepada mereka. Bantulah mereka jika mereka memohon bantuan dan pinjaman kepadamu. Dengarkanlah perkataan orang yang usianya lebih tua darimu.
10. kerjakanlah shalatmu di awal waktu dan tunaikanlah shalat berjamaah walau berada dalam kondisi tersulit.
11. jika kamu sedang dalam keadaan shalat maka jagalah hatimu.
12. jika kamu sedang dalam keadaan makan maka jagalah lisanmu.
13. janganlah sekali-kali melupakan Tuhan dan kematian. Lupakanlah kebaikan yang telah kamu perbuat kepada orang lain, begitu juga keburukan yang dilakukan orang lain terhadapmu.(tafsir kunzu ad-daqaiq tentang surat luqman ayat 12)
Diambil dari buku tafsir surat Luqman untuk anak muda karya syaikh Muhsin qoroati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar