Shadow Word generated at Pimp-My-Profile.com

Rabu, 12 Desember 2012

Adab Syekh Abbas Qummi Luar Biasa!

Suatu hari, anak Syeikh Abbas Qommi mengutip dari almarhum Sultan al-Wa'izin Shirazi, penulis Shabha-ye Peshawar (Malam Peshawar):
"Masa itu buku Mafatih al-Jinan baru saja terbit. Suatu hari ketika berada di Sardab Samarra, Irak saya membawa buku ini dan sibuk membaca ziarah dengan panduan buku Mafatih al-Jinan. Saya melihat seseorang dengan pakaian ulama sederhana dan sebuah Ammamah kecil (sorban) sedang sibuk berzikir.
Tiba-tiba syeikh itu bertanya kepada saya, "Apa buku yang ada di tanganmu?"
Saya menjawab, "Ini buku yang ditulis oleh Muhaddits Qommi, nama lengkapnya adalah Haji Syeikh Abbas Qommi."
Setelah itu saya mulai memuji-muji Syeikh Abbas Qommi dengan karyanya ini.
Syeikh itu berkata, "Orang yang Anda puji itu sebenarnya tidak demikian. Kamu salah memuji orang."
Saya agak marah mendengar ucapannya. Kepadanya saya berkata, "Hai syeikh! Bangun dan pergi jauh-jauh dari sini!"
Seseorang yang duduk di dekatnya memegang tanganku dan berkata, "Kamu semestinya yang sopan! Beliau ini adalah Muhaddits Qommi!"
Mendengar itu saya langsung berdiri dan meminta maaf sambil mencium pipinya. Saya membungkuk dan berusaha meraih tangannya untuk kucium. Tapi Syeikh Qommi tidak mengizinkan saya melakukannya.
Sebaliknya, Muhaddits Qommi yang menunduk dan meraih tanganku lalu menciumnya. Setelah itu ia berkata, "Anda seorang sayid."
Sumber: IRIB
Farazdaq Khaza'i

Tidak ada komentar:

Posting Komentar